Kota Bima Gandeng STIE Bima Kembangkan UMKM

0
91

Kota Bima, Inside Pos,-

Pemerintah Kota Bima beberapa hari lalu mengundang Ketua STIE Bima, Firdaus, M.Ap untuk membahas isu strategis peningkatan ekonomi masyarakat Kota Bima. Dalam hal ini, STIE Bima mendapatkan apresiasi untuk menjadi sumber ide dan gagasan dalam mengkaji dan memetakan wilayah yang berpotensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa dikembangkan di Kota Bima.

Firdaus diruang kerjanya, Selasa, 3-4-2018 kemarin menjelaskan pemberdaayaan ekonomi merupakan isu vital yang harus canangkan dan dikembangkan di Kota Bima. Dengan hal ini, paradigma berpikir masyarakat yang instan dan kosumtif, dapat dirubah dengan mengembangkan UMKM. Tujuannya, dengan dikembangkan UMKM, menjadi cara pemerintah untuk menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Kota Bima.

“Saya secara pribadi dan kelembagaan merasa bangga dengan keoercayaan yang diberikan Pemkot Bima untuk menjadi bagian penting dalam meningkatkan UMKM di Kota Bima. Mimpi kami di STIE Bima terjawab dengan kepercayaan ini,” ujar pria berkacamata ini

Pemkot Bima dan STIE Bima sudah komitmen, 2018 ini, misi kembangkan UMKM disejumlah wilayah Kota Bima akan dimulai. Firdaus meneranngkan, selama ini, Kota Bima memiliki banyak potensi lokal yang memiliki nilai ekonomi menjanjikan. Namun, kendalanya, tidak bisa dipasarkan secara baik dan benar. Alasan lainnya, harga bahan lokal terlalu tinggi hingga mempengaruhi nilai pasar. Misalnya, sarung tenun asli Bima.

“Ini juga menjadi perhatian kita. Saya melihat, sarung tenun khas Bima sangat bagus dan memiliki nilai budaya lokal yang disukai oleh pihak luar Bima. Namun pentingnya pemasaran dan harga yang terjangkau oleh semua pihak. Kita juga harus menekan harga bahan lokal untuk pe,buatan sarung tenun ini. faktir inilah yang membuat sarung mahal,” terangnya.

Selain Sarung tenun, ada sejumlah isu UMKM lainnya yang harus dikembangkan. Terkait wilayah strategis, akademisi ini menilai wilayah Kelurahan Ntobo, Nungga dan Raba Dompu menjadi titik sentra awal yang harus diperhatikan. Mulai dari dikembangkan produksi sarung tenun, wilayah ini juga bisa mengembangkan bidang peternakan dan budidaya ikan air tawar. \

“Kalau ide dan gagasan kami bersama pemkot direspon baik maka saya sangat yakin, Kota Bima akan menjadi daerah di NTB yang mampu menekan angka kemiskinan dengan cepat,” cetusnya

Fardaus juga mengemukakan, kepercayaan Pemkot Bima kepada STIE merupakan salah satu dari Tridarma Perguruan Tinggi, Pengabdian kepada masyarakat. Menurutnya, Inilah momentum bagi STIE Bima untuk secara langsung implementasikan bidang keilmuan yang menjadi spesifikasi di STIE Bima.
“sangat mudah dan saya yakin ini akan berhasil jika kita merespon hal ini secara serius,”pungkasnya.
(Ryan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here