Jelang Lomba Tatakelola Arsip, Tim Lakukan Pembinaan

0
105

Bima, Inside Pos,-

Panitia pendamping Tim Juri, yang terdiri dari Inspektur Pembantu, Kabag Hukum, Kabag OPA, Kabid Kesra BKD, Kabid Arsip, Kabid Komunikasi Publik Diskominfostik, 3 Kabid BPPKAD, Kamis (30/8) melakukan pembinaan untuk melihat langsung persiapan OPD mengikuti Lomba Penataan Arsip yang akan dihelat Minggu III September mendatang.

Tim menyisir OPD yang berkantor di Godo mulai dari Dinas Dikbudpora, Dinas & Pencapil, Dishub, BPBD, Perkim, Dikes, Satpolpp, BPPKAD dan Setda.

Kabid Kearsipan Dinas Perpustakaan & Arsip, Julkifli SH, M. Hum mengatakan, pemantauan dimaksudkan untuk melihat dari dekat OPD mana yang telah melakukan tatakelola arsip sesuai ketentuan regulasi. Untuk itu, dalam Bulan September Tim Juri dari ANRI dan Pemprov NTB akan menilai langsung untuk memastikan pemenuhan ketaatan asas dari OPD.

“Kegiatan ini dalam rangka memberi support kepada OPD untuk tata kelola arsip,” jelasnya

Dari hasil pemantauan pihaknya, evaluasi dan pembinaan sudah ada beberapa OPD yang telah menerapkan sistem tata kelola arsip dengan baik, walaupun masih dilakukan penyempurnaan dan perbaikan. Ini butuh proses agar mencapai hasil maksimal.

Ditambahkannya, hasil kunjungan lapangan tersebut juga menemukan masih ada sebagian OPD yang belum melakukan tatakelola sesuai dengan amanat Peraturan Perundang-undangan.

“Diharapkan ke depan, seluruh OPD dapat melakukan pendataan sekaligus memahami arti pentingnya sistem tata kelola kearsipan” Tambah Julkifli

Selanjutnya Senin (3/9) Tim akan melakukan peninjauan OPD yang ada di wilayah Kota Bima.

*Ryan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here