Membangun Generasi Cerdas dan Tangguh Melalui Outbond

0
108

Penulis: Ida Nurhaidah (Pengelola PAUD Anak Sholeh Madapangga)

Alhamdulillah, rasa syukur atas segala nikmat dan karuniaNya, sehingga kita masih diberi kesempatan oleh Allah memasuki tahun 1440 Hijriah.

Memyambut itu, PAUD Anak Sholeh di Madapangga memiliki Program Tahunan yakni, merayakan tahun baru Islam melalui pawai keliling kampung masuk gang keluar gang di sekitar wilayah PAUD.

Sebagaimana tahun sebelumnya, maka tahun ini pun sama pada tanggal 10 September 2018 lalu melakukan pawai keliling bersama guru, anak dan ibunya.

Pada tahun ini-pun tidak terlalu meriah karena kurangnya kehadiran anak dan orangtua disebabkan terkendala sakit dan ada kegiatan lain. Jika biasanya pada pas hari H tepat 1 muharam diadakan kegiatan lomba-lomba atau game yang melibatkan keluarga maka pada tahun ini sedikit berbeda.

Pada awalnya pihak sekolah mengusulkan kegiatan lomba menghias toples kerjasama ibu dan anak dalam menghias toples namun salah satu orangtua siswa mengusulkan agar diadakan kegiatan yang lebih atraktif sehingga di usulkan oleh sekolah kepada paguyuban orangtua siswa kegiatan Outbond sekaligus Family Gathering. Kegiatan outbond diadakan hutan dan mata air madapangga hari ini 16 September 2018 dengan Tema Membangun Generasi Cerdas dan tangguh. Diharapkan melalui kegiatan ini anak semakin cerdas baik secara fisik maupun intelektualnya serta memiliki fisik yang tangguh.

Melalui Sabim salah satu penyedia kegiatan Outbond kami bisa merealisasikan keinginan besar itu. Luar biasa antusiasme orangtua dan anak sangat tinggi. Kegiatan Outbond model ini terbilang masih jarang belum di kenal di daerah kabupaten Bima khususnya di kecamatan Madapangga apalagi dengan adanya aksi yang cukup menantang seperti flying foxnya.

Banyak cerita lucu dan menyenangkan pada kegiatan ini salah satunya yaitu seorang anak yang pendiam, disekolah tak pernah masuk kelas jika tidak ditemani mamanya sehingga dia lebih banyak diluar kelas hanya melihat teman-temannya bermain dan sesekali saja dia ikut bermain.

Masya Allah pada outbond tadi pun seperti itu masih malu dan tidak ingin bergabung, tapi begitu melihat teman-temannya satu persatu mencoba flying fox diapun tertantang untuk mencoba. wow, si pendiam akhirnya senang dan tersenyum ketika turun dari ikatan alat pengaman saat terbang dengan tali itu. Ini kondisi yang langka di mata kami gurunya. Kami melihat anak-anak didik kami sangat termotivasi dengan outbond.

Dari tulisan diatas Kami sangat memahami, Anak-anak usia PAUD adalah berada pada usia emas (Golden Age), 50 % perkembangan kecerdasannya pada usia sampai 5 tahun dan 80% sampai usia 8 tahun sisanya 20% adalah antara umur 8-18 tahun.

Bisa kita bayangkan betapa ruginya kita para orangtua jika tidak mampu mengoptimalkan kesempatan Golden Age itu. Melalui Outbond ini 6 aspek perkembangan anak bisa di kembangkan seperti aspek moral agama adanya pembukaan kegiatan doa dengan menyebut nama Allah, ketika memulai tantangan pun mengucapkan kalimat thoyyibah, aspek Fisik motoric sudah pasti, aspek sosial emosional, dibutuhkan keberanian, kesabaran menunggu giliran, kerjasama, dll. Aspek Bahasa, percakapan antara ortu dan anak, antara sesama anak antara pemandu dan anak, aspek kognitif adalah membilang saat menghitung jumlah peserta, saat pembagian kelompok, berhitung saat memulai game dll. Aspek seni nyanyian dan irama tepuk tangan serta kekompakan pada saat yel-yel masing-masing kelompok. Pada kegiatan Outbond ini anak melakukan banyak aktivitas fisik dan menantang tentu dibutuhkan keberanian, ketangkasan dan kecerdasan sehingga berpikir keras agar bisa sukses melewati rintangan.

Jika anak-anak PAUD ini diberikan stimulasi yang optimal maka akan lahir generasi hebat dou labo dana mbojo yang cerdas dan tangguh. Tentu Cerdas dalam arti luas cerdas mental, spritul, intelektual, emosional dan fisiknya.

Disamping itu tentu bagi para orangtua mellai cara Family gathering ini bisa saling mengenal lebih dekat dan mempererat silaturahmi antar sesama orangtua siswa sehingga diharapkan bisa saling mengisi dalam upaya memberikan pendidikan dan pengasuhan terbaik bagi anak.

Akhirnya kami pihak PAUD Anak Sholeh sampaikan terimakasih kepada para orangtua yang sudah berpartisipasi, terima kasih juga kepada EO Outbond Sabim kota bima mba pipit Cs. Terimakasih kepada pemerintah yang terus mendukung PAUD Anak Sholeh sehingga bisa memberikan layanan pada anak dengan lebih baik, terimakasih pula kepada seluruh masyarakat termasuk media yang mendukung program PAUD Anak sholeh.

Semoga di tahun 1440 H ini kita semua bisa lebih sukses, lebih manfaat untuk bangsa dan agama.

***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here