P2KTD Harapan Baru Bagi Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Desa di Bima

0
219

Bima, Inside Pos,-

Penyedia Peningkatan Kapasitas Tekhnis Desa (P2KTD) dalam Program Inovasi Desa merupakan Lembaga Profesional yang menyediakan Jasa Keahlian Tekhnis tertentu di bidang pengembangan Ekonomi Lokal dan Kewirausahaan, Pengembangan SDM dan Desa. Tugas Utama P2KTD adalah membantu Desa mewujudkan kualitas Pembangunan Desa di bidang yang disebutkan diatas.

DPMD Kabupaten Bima menyeleksi peserta P2KTD ini dan mendapatkan 6 orang yang berkeahlian khusus dalam mempercepat Pencapaian target RPJMN 2015 – 2019.

Julhaidin atau biasa disapa Rangga Babuju CEO BABUJU MANDIRI dan Nehru Owner Susu Kuda 88 ditunjuk untuk bidang Kewirausahaan Desa. Selain itu M. Saleh M.Ap dan Julkifli Lubis pada bidang SDM. Serta Nasrullah ST dan Hermansyah ST pada bidang Konstruksi dan Infrastruktur.

Tim P2KTD Kabupaten Bima mendapatkan Orientasi Tugas selama 7 hari (2 – 8/10) di Lombok Raya Kota Mataram. Julhaidin menjelaskan bahwa Pemerintah Pusat menggenjot Program Inovasi Desa di Indonesia dengan cara mendorong percepatan pembangunan dengan menyeleksi para aktor-aktor yang berkeahlian khusus untuk dapat membantu Desa dalam memaksimalkan Program Pemberdayaan Ekonomi dan Peningkatan Kapasitas warga Desa dalam hal Kewirausahaan.

“Kami ditunjuk oleh Pemerintah Daerah untuk menyiapkan jasa Peningkatan Kapasitas Tekhnis bagi warga Desa dan Pemerintah Desa yang ingin melakukan percepatan pembangunan khusus pada bidang Pengembangan Ekonomi Lokal melalui Pengenalan Potensi Desa yang dapat dikembangkan menjadi Produk Unggulan Desa” Ungkapnya

Pemuda bertalenta wirausaha dan berambut Gondrong ini cukup optimis bahwa akan banyak Desa di Bima yang berkembang cepat bila dibutuhkan.

“Banyak Desa di Bima yang memiliki potensi dan sangat bisa dikembangkan. Mudah-mudahan keberadaan kami dibutuhkan oleh Desa dan kami siap membantu, mendampingi dan membina bila diminta” aku Rangga

P2KTD menjadi harapan baru bagi desa yang ingin berkembang cepat. Dana Desa menjadi potensi yang dapat dikelola dalam rangka mendorong kemandirian desa kedepan.

Masyarakat butuh kesejahteraan yang berkesinambungan. Desa tentu saja mendapat manfaat luas. Pemerintah daerah dapat mendorong hal ini bila direspon positif. Sebab, melihat track record Tim P2KTD Kabupaten Bima saat ini, sangat teruji dan mumpuni untuk ditata dan dikelola. Mereka memiliki pengalaman dan karya yang tak diragukan lagi.

“Tinggal kita menunggu bersama – sama, apakah Desa mau menjemputnya dengan program Pengembangan Ekonomi Lokal dalam mewujudkan masyarakat Desa yang sejahtera atau tidak,” pungkas alumni Makassar ini

*Ryan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here