Bumdes Desa Rato-Lambu Dapat Bantuan Usaha Bawang Goreng

0
164

Bima, Inside Pos,-

Program Inovasi Desa untuk kegiatan produk unggulan dari Dirjen Kementerian Desa Bidang Ekonomi melirik Kabupaten Bima menjadi salah satu Desa Potensial. Desa Rato Kecamatan Lambu menjadi Desa percontohan program yang bersumber dari dana hibah bank dunia.

Sebut saja BumDes Desa Rato Bina Baru. Usaha Milik Desa ini mendapatkan dana senilai Rp. 280 Juta untuk produksi bawang goreng. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Koperasi desa setempat.

” BumDes dan Koperasi Desa Rato sudah kerjasama dengan PT. HQ Corpora Putra. Perusahaan ini yang akan memasarkan dan mendampingi program produk unggulan bawang goreng asli Bima,” terang Kepala BPMDes, Drs. Andi Sirajuddin, M.Ap diruang kerjanya, Selasa siang tadi

Andi menuturkan, Hasil bawang goreng produk Bima akan dipasarkan ke 5 negara, diantaranya Filipina, Bangkok Kuala lumpur, Singapura dan Brunei Darussalam. menurutnya, semua hal yang berkaitan dengan pemasaran dibawah koordinasi PT. HQ Corpora Putra.

“Lima negara sudah siap menerima pasar dari bawang goreng asal Bima,” paparnya

Kenapa harus Desa Rato? Kata Andi, Desa Rato-Lambu Merupakan salah satu wilayah desa yang memiliki lahan tanaman bawang sangat luas dibandingkan disejumlah desa yang lain. Selain itu, Bumdes milik Desa Rato memiliki komitmen untuk kepentingan usaha bawang goreng.

“Ini menjadi percontohan awal di Bima. kalau sukses di Rato tidak menuntut kemungkinan akan ada desa lain yang akan diperdayakan untuk pengembangan usaha bawang goreng. sinyal positifnya sudah ada,” tandasnya

Mantan Kadis Dikdukcapil Kabupaten Bima ini berharap kepada BumDes dan Koperasi di Desa Rato untuk menjaga amanah pusat dalam pengembangan usaha bawang goreng. Alasannya, program inovasi menjadi momentum bagi Desa di Bima untuk menunjukkan kemandirian dalam membangun ekonomi perdesaan.

“Semoga ini awal yang baik dan bisa dilaksanakan dengan penuh semangat,” pungkasnya

* Ryan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here